Zuma

Bookmark and Share
Aplikasi AlgoritmGreedy pada Permainan Zuma

Dalam permainan Zuma, pemain dikatakan menang apabila semua gundu telah dimusnahkan sebelumpangkal rantai gundu mencapai lubang. Jika dilihat sekilas, yang terpentin dalam  permainan  Zum adalah kecepatan dalam memusnahkan gundu.  Anggapan ini  tidak salahAkan tetapi, hal yang patut jadi perhatiansebenarnya adalah keadaan Zuma meter.


Pada   kenyataannya,   solusi   akhir   yang   dibentuk algoritma greedy tidak selalu merupakan solusioptimal. Hal ini terjadi karena algoritma greedy tidak beroperasi secara menyeluruh terhadap semua alternatif solusiyang ada, tetapi hanya pada solusi yang terbaik relatif terhadap fungsi seleksi.

Walaupun demikian, algoritma greedy sangat cocodigunakan dalam menghasilkan solusi hampiran(approximation). Strategi  penggunaan algoritma  greedtidak  hany satu namun  bis sangat  banyak Fungsiseleksi   yang   digunakan   pun   berbeda-beda.   Karena terdapat beberapa fungsi seleksyang berbeda, kita harusjeli dalam memilih fungsi yang tepat jika kita ingin algoritma menghasilkan solusi yang lebih mendekati optimaldibanding fungsi lainnya.

StrategGreedy by Time adalah bagaimana memusnahkan gundsecepat-cepatnya. Pemusnahan gundu akanmemberikan poin standar. Logikanya walaupupoin yang didapatkan tidak terlalu banyak tetapi jika cepat makaZuma meter akan cepat penuh.

Pad setiap  langkah sistem  akan  mencatat  jumlah setiap rangkaian gundu sewarna dan letaknya berurutanserta  letak  gundu-gundu  istimewa Rangkaian  d sinberarti dua atau lebih gundu. Rangkaian sewarna gundu tembakan   yang   memiliki   gundu   istimewa   memilikprioritas  yan lebih  tingg dibanding  yan berjumlahpaling banyak. Sedangundu tunggal, gundu yang tidak berdekatan dengan gundu yang sewarna dengannya,memiliki prioritas terendah.

Gundu istimewa juga memiliki proritas. Gundbomemiliki   prioritas   dibanding   ketiga   gundu   istimewa lainnya karena mampu memusnahkan gundu dalam jumlah besar. Gundu pause dan gundu mundur memilikiprioritas yang sama karena sama-sama memberikan waktu ekstra untuk sistem. Gundu arah tidak dipedulikan karenatidak memiliki keuntungan bagi sistem (sistem mampu mencatat posisi gundu dengan tepat).

StrategGreedy by Stealing Point anCoin adalah bagaimana memusnahkan gunddengan memperhatikanletak koin emas. Penembakan koin emas  akan  memberikan poin  bonus  yang  cukup besar. Dengan banyakmenembak koin emas, Zuma meter akan penu dengan  cepat.  Stealing point  d sin maksudnymencur poin dar menciptakan  pemusnahan  beruntuyang terjadi langsung setelah pemusnahan dari gundu tembakan(consecutive)Contohnya dalam suatu bagian terdapat 2 gundu merah, 2 gundu hijau, 1 gundmerahberurutan.Jika gundu hijau dimusnahkangundu-gundmerah di kedua sisinya akan turut musnah karena terjadi tabrakan 3atau lebih gundu berwarnsama. Pemusnahan karena tabrakan juga menyumbang poin.

Pad setiap  langkah sistem  akan  mencatat  jumlah setiap rangkaian gundu sewarna dan letaknyaberurutan dan mana yang akan menciptakan pemusnahan beruntudan mana yang mengandung gundu bom. Gunduistimewselain gundu bodianggap gundu biasa karena tidak memberikan keuntungan yang besar bagi sistem.Selain itu sistem jug akan  mencatat  letak  koin  emas.  Perlu menjadi catatan bahwa koin ini muncul sesekalisehingga letak koin emas bisa null.

Koin emas memilikprioritas tertinggi, disusul oleh rangkaian yang mengandungundu bom. Prioritasselanjutnydihitung berdasar jumlah gundu dalam rangkaian. Jika suatu rangkaian bisa menciptakan pemusnahanberuntun, jumlah rangkaiannydihitung darjumlah rangkaian sebenarnya ditambah jumlah gundu dsisi kanan dankiri yang berwarnsama yanbisa musnah setelahnya. Gundu tunggal memiliki prioritas terendah.

Pada awal permainan :
Dengan memakai greedy by time, sistem akan langsunmemuntahkan   tembakan   ke   rangkaian   gund yanmemiliki jumlah paling banyak karena gundu-gundu istimewa biasanya belum keluar. Zuma meter masih terisisedikit.

Dengan memakai greedy by stealing point and coinsistem  bereaks hampir  sam seperti  greed b timekarena gundu bodan koin belum muncul. Perbedaannyhanyalah jika ada  rangkaian yang terjepit diantara duarangkaian panjang gundu yang sewarna di sisi kanan dan kirinya maka rangkaian yang terjepit itu akan ditembak terlebih dahulu.

Pada tengah permainan :
Dengan greedy by time, tujuan tembakan yang utama adalah rangkaian yang memiliki gundu-gundu istimewa, disusul kemudian rangkaian yang panjang. Gundu-gundu tunggal terpinggirkan bahkan yanberaddidekat lubandibiarkan saja. Hal inmemungkinkan sistem kalah karena ada gundu yang tidak langsunditanganidan berakhir di lubang. Zuma meter terisi sedikit demi sedikit.

Dengan greedy by stealing point and coin, sistem mengutamakan penembakan koin. Jika koin berada dalamjangkauan tembak, koin tersebut langsunditembak. Dengan begini, isi dari Zuma meter bertambah lumayanbanyak. Jika koin tidak berada dalam jangkauan tembaksistem akan mencari rangkaian yang mengandungundubom. Ilustrasi letak koin dapat dilihat pada gambar (4) di atas.   Jika   tidak   ada   juga,   sistem   akan   menembakrangkaian yang mampu menciptakan pemusnahan beruntun. Contoh rangkaian yang mampu menciptakanpemusnahan beruntun jikditembak terdapat pada gambar (5) Pemusnahan  beruntu mengis Zum meter  lebih cepat dari pemusnahan biasa atau tunggal. Kelemahannysama dengan greedy by time, yaitu gundu-gundu tunggalyang berada di dekat lubang terpinggirkan dan berpotensmembuat sistem kalah karenjatuke dalam lubangtanpsempat ditangani.

Setelah Zummeter terisi penuh :
Dengan algoritma greedy by time, tugas sistem tinggal memusnahkan  gundu-gund yang   tersisa.   Seharusnya tidak  ad masalah  yan berarti  selain  adany gundu tunggal yang berada di dekat lubanyangmasih jadprioritas terakhir dan belum ditangani.

Dengan algoritma greedy by stealing poinand coinsistem  akan  lebih  cepat  menyelesaikan permainandargreed b time  karen berpikir  selangkah  k depan. Gundu   tunggal   juga   menjadi   masalah.   Namun  jika terdapat  du atau  lebih  gundu  sewarna  gundu  tunggal yang hanya dipisahkan oleh suatu rangkaian gundu,hal ini tidak lagi menjadi masalah karena sistem akan menembak rangkaian gundu yang menjadi pemisah keduanya.Lalu gundu tunggal akan bertabrakan dengan rangkaian gundsewarna dan akhirnya ikut musnah.

Kedua contoh strategi pemenuhan Zuma meter dengan pendekatan greedy memberikan hasil yang berbeda.Darstudi kasus diatas terlihat algoritmmana yanmemberikan hasil lebih optimal. Algoritma greedy bstealingpoint and coin memberikan hasil yang lebih optimal dibanding algoritma greedy by time.

Walaupu permainan  Zum mengandalkan  strategyang jitu, penggunaakedua algoritma greedy di atas terkadang tidak memberikan hasil yang diinginkanContohnya saja sistem yang bisa saja kalah karena tidakmempedulikan  gund tunggal  yan berad d dekat lubang. Seharusnygundu yang berada di dekat lubanjugaturut mendapat penanganan khusus.

Agar permainan berjalan lebih mulus, diperlukan penanganan gundu berdasar kedekatan posisinya dengan lubang serta mekanismsetelah Zuma meter terisi penuhPerlakuan sebeluZuma meter terisi penuh dan sesudahZum meter  teris penu seharusnya  sedikit  berbedkarena obyektifnya bukanlah pemenuhan Zuma meter lagi,melainkan pemusnahan untuk menghabiskan gundu yang tersisa.

Pemecahan masalah optimisasi dapat diselesaikan dengan  cuku baik  melalu pendekatan  greedy Hasilsolusi   yang   didapatkan   cenderung   mendekati   hasil optimal. Keampuhan algoritma greedy terletak padapemilihan fungsi seleksi yang tepat, dari sekian banyak fungsi seleksi yang bisa digunakan.

Pengimplementasian  algoritm greed sangat sederhana. Jika sudah memiliki gambaran akan suatupenyelesaianpenentuan elemen pun sangat mudah. Agar mendapat hasil yang lebih baik, sebelumnypikirkandahulu segala kondisi yang mungkin dihadapi dengan matang Hal  in bertujuan  untu menghindarikecerobohan-kecerobohan   kecil   yang   bisa   membuat sistem kecolongan. Meskipudemikian, kita tidak bisamemutuskan suatu cara benar-benar akan memberikan hasil paling optimal tanpa melalui perhitungan secaramatematis. Untukasus sederhanseperti pemenuhan Zuma  meter  pad permainan Zuma  yang  cuku diberihasil aproksimasi, penggunaan algoritma greedy sudah cukup memenuhi target.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar